Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Mudah tanpa Ribet

Cara mengatasi laptop ngelag lainnya yaitu menggunakan aplikasi anti lag. Sebelum membeli sebuah laptop, maka sebagai pemilik laptop anda harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang akan anda beli. Hal ini bertujuan dalam membantu pemilik untuk dapat menilai apakah aplikasi yang akan dimasukkan ke dalam laptop telah sesuai dengan ketentuan atau belum. Anda harus memilah dan juga memilih aplikasi alternatif yang dapat mengatasi laptop lemot agar bisa ngebut dengan kondisi dan juga spesifikasinya. Memaksakan kinerja dari RAM dengan menyalakan berbagai macam jenis aplikasi secara berlebihan, tentu merupakan salah satu penyebab terjadinya laptop lemot. Sebagai contoh, ketika tengah bermain sebuah game, anda juga ikut membuka aplikasi putar musik secara bersamaan. Pemrosesan game saja padahal sudah sangat berat, akan tetapi masih ditambah lagi pemutar musik. Anda perlu sesuaikan pemakaian aplikasi dengan spek laptop milik anda. Atau cara mengatasi laptop ngelag lainnya adalah anda da pat aktifkan Task Manager agar dapat mengatur penggunaan RAM ketika tengah menjalankan sejumlah aplikasi. Bisa dibilang bahwa cara yang satu ini terbilang sederhana, namun solusi yang diberikan benar-benar membantu. Maka dari itu, pastikan anda mencoba cara ini. Banyaknya aplikasi yang terinstall di dalam sebuah dekstop juga menjadi penyebab lain mengapa laptop yang anda miliki menjadi ngelag. Jika anda menggunakan laptop dengan spesifikasi yang besar, maka hal ini tentu bukan merupakan masalah yang besar. Akan tetapi, berbeda ceritanya jika laptop yang anda gunakan memiliki spesifikasi rendah. Dalam hal ini, anda tidak perlu khawatir. Cara mengatasi laptop ngelag kali ini sangat mudah dilakukan. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop tengah startup, karena ini merupakan masalah utama terjadinya laptop ngelag.

Laptop yang tiba-tiba hang, freeze, atau not responding tentu akan mengganggu kamu saat menjalankan berbagai aktivitas seperti ketika harus belajar atau bekerja. Agar hal ini tidak terus terjadi, kamu harus mengetahui beberapa cara mengatasi laptop hang tersebut. Sebelum mengatasi laptop hang, ada baiknya kamu mencari tahu faktor yang menyebabkan munculnya gangguan pada laptop tersebut. Driver yang ketinggalan zaman atau rusak juga bisa menjadi alasan seringnya laptop kamu hang atau freeze. Sebab, driver akan digunakan untuk komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi di dalam laptop atau komputer. Misalnya jika driver video yang diinstal pada sistem laptop kamu tidak diperbarui, laptop kamu mungkin akan hang ketika mencoba memutar video. Setiap program di laptop kamu membutuhkan sumber daya internal dan eksternal agar berfungsi dengan baik. Jika beberapa program berjalan secara bersamaan, mungkin laptop kamu tidak memiliki cukup memori atau daya komputasi untuk mendukung semuanya. Panas yang berlebih dapat memperlambat kerja laptop hinga akhirnya menyebabkan laptop freeze atau hang. Suhu yang cukup tinggi bahk an bisa merusak integrated circuit pada sistem prosesor laptop kamu dan membuatnya tidak dapat digunakan.

Cara mengatasi laptop lemot lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengupgrade RAM. Hal ini tentu hanya bisa dilakukan di laptop dengan RAM slot terbuka. Jika Anda menggunakan laptop Apple, Anda tidak mungkin bisa upgrade. Upgrade RAM akan mempercepat kemampuan laptop Anda untuk memproses program dan data. Cara upgrade ini hanya dibutuhkan jika laptop Anda memang harus bekerja keras. Program untuk edit video, grafis dan render lebih cepat membuat laptop jadi lambat jika tidak diupgrade RAM-nya. Laptop lemot bisa juga terjadi karena hard disk Anda memiliki banyak error dan bad sector. Hal ini membuat akses data untuk loading menjadi lebih sulit berjalan. Dengan akan memperbaiki banyak masalah yang bisa menyebar, masalah file yang corrupt juga bisa diketahui dengan cara ini. Proses ini biasanya lama tergantung ukuran storage yang harus di-scan. Laptop yang slow atau lemot biasanya dalam kondisi panas. Hal ini karena proses yang ada di processor tidak berjalan normal seperti seharusnya. Suhu panas juga dapat merusak chip lain pada laptop.

Jika melewatkannya secara tidak sengaja, maka menu Start - Setting - Security Update - Update Windows. Data laptop yang terlalu penuh dan berantakan, rupanya dapat mempengaruhi kinerja. Terutama, jika file di dalamnya adalah file-file berukuran besar seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video. Mengosongkan ruang dengan membiasakan menghapus file serta folder setiap minggu dan mengosongkan recycle bin sesudahnya dapat menjadi salah satu tips mengatasi laptop lemot. Ini juga membuat kalian ingat dengan apa yang ada di file dan folder, sehingga tidak akan terlalu khawatir tentang kesalahan menghapus sesuatu yang penting. Jika kalian merasa laptop kalian tiba-tiba lemot secara signifikan, kemungkinan ada program tertentu yang harus disalahkan. Salah satu cara untuk mengidentifikasinya adalah dengan ma suk ke Task Manager dan mencari tahu apa yang menghabiskan sumber daya laptop kalian. Klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Klik More details untuk mengetahui informasi tentang program yang sedang berjalan di laptop dan ini akan menunjukkan Processes Tab secara default. Baca Juga: Ini Dia Laptop Asik Untuk Main Game dan Nonton Film! Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa dicoba sendiri di rumah. Jangan khawatir dan langsung membuang laptop kalian, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot tersebut.

Ada juga laptop yang bisa dibeli dengan harga murah namun memang dikhususkan untuk penggunaan aplikasi yang tidak berat saja seperti penggunaan anak sekolah. Untuk menghindari kinerja laptop yang lemot, gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Pilih aplikasi yang spesifikasinya lebih rendah sehingga tidak akan membuat laptop lemot. Menginstal aplikasi terlalu banyak bisa menjadi penyebab kinerja laptop menurun dan membuat lemot. Agar laptop tidak lemot, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kapasitas Drive C yang penuh akan membuat sistem pada laptop menjadi lebih lama saat membaca hard disk. Gunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan sangat disayangkan apabila memori laptop penuh hanya karena aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Ini adalah cara mengatasi laptop lemot tanpa harus menggunakan teknik atau software khusus. Anda bisa mengatasinya dan mengembalikan kinerja laptop. Menyimpan banyak aplikasi di desktop bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Jika spesifikasi laptop mendukung, maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar. Namun, terkadang menyimpan terlalu banyak aplikasi pada desktop akan menyebabkan laptop lama dalam merespon perintah user.